GOLDEN WORDS

Akar Segala Kebaikan Adalah Taqwa, Jika Akar Itu Ada Maka Semuanya Ada

Friday, November 25, 2011

YESUS DI INDIA


PRAKATA
Yesus di India merupakan terjemahan dari Masih Hindustan Mein
dalam bahasa Urdu yang ditulis oleh pendiri Jemaat Ahmadiyah yaitu
Hazrat Mirza Ghulam Ahmad (1835 - 1908).
Pokok bahasan yang dikemukakan dalam buku tersebut adalah
kelepasan Yesus dari kematian yang terkutuk di atas kayu salib serta
perjalanan beliau setelah itu ke India dalam rangka mencari sukusuku
bangsa Israel yang hilang agar dapat dikumpulkannya dalam
satu kandang sebagaimana dikemukakan dalam Perjanjian Baru.
Untuk memperjelas tema yang dikemukakan, banyak bukti-bukti
yang diajukan yang bersumber dari kitab-kitab suci Kristiani mau pun
Muslim, buku-buku medikal/ketabiban kuno, termasuk juga naskah
kuno agama Buddha.
Memulai perjalanannya dari Yerusalem melewati Nisibis dan Iran,
Yesus kemudian sampai di Afghanistan dimana beliau bertemu dengan
umat Yahudi yang bermukim di negeri itu setelah kebebasan mereka
sebagai tawanan raja Nebukadnezar. Dari Afghanistan, Yesus
kemudian ke Kashmir dimana juga bermukim beberapa suku bangsa
Israel. Beliau sendiri kemudian bermukim di negeri ini sehingga
wafatnya. Makam beliau telah ditemukan di jalan Khan Yar di kota
Srinagar.
Di bagian yang membahas bukti-bukti yang diambil dari naskahnaskah
Buddha, Hazrat Ahmad a.s. sudah berhasil menjawab
pertanyaan yang sudah sekian lama membingungkan banyak penulis
Barat. Para penulis itu bingung melihat banyaknya persamaan ajaran
di dalam agama Kristen dengan agama Buddha, serta dalam catatan
riwayat hidup Yesus dan Buddha sebagaimana dikemukakan dalam
kitab suci mereka masing-masing.
Beberapa orang dari penulis itu berpandangan bahwa agama Buddha
dengan satu dan lain cara telah mencapai Palestina dan oleh Yesus
diasimilasikan ke dalam ajaran-ajaran beliau sendiri. Jelas mengenai
hal ini tidak ada bukti historikal sama sekali yang mendukung teori
mereka itu. Seorang kelana/petualang Rusia bernama Nicolas
Notovitch pernah tinggal cukup lama bersama beberapa pendeta Lama
di Tibet dan menterjemahkan beberapa naskah mereka untuknya. Dia
menyimpulkan bahwa Yesus pernah ke Tibet sebelum penyaliban dan
kembali ke Palestina setelah menyerap ajaran-ajaran agama Buddha.
Ini adalah pernyataan yang tidak didukung bukti historis yang dapat
diandalkan. Hazrat Ahmad a.s. menyangkal pandangan tersebut dan
menyatakan Yesus datang ke India setelah penyaliban dan bukan
sebelumnya, dan bukan Yesus yang meminjam ajaran-ajaran Buddha,
justru para penganut Buddha itulah yang telah mereproduksi
kandungan Injil ke dalam kitab-kitab mereka sendiri.

Menurut Hazrat Ahmad a.s., ternyata Yesus juga berkunjung ke Tibet
dalam kelananya di India dalam rangka mencari suku-suku bangsa
Israel yang hilang. Beliau menyampaikan ajaran-ajarannya kepada
para pendeta Buddha, antara lain karena mengetahui sebagian dari
mereka adalah umat Yahudi yang telah beralih agama. Para penganut
agama Buddha tersebut sangat terkesan dengan ajaran-ajaran beliau
dan menganggap beliau sebagai manifestasi Buddha dan Sang Guru
yang Dijanjikan. Dengan keyakinan kepada beliau sebagai Guru,
mereka kemudian mencampurkan ajaran-ajaran Yesus ke dalam
naskah kitab-kitab mereka sendiri dan menyatakannya sebagai ajaran
Buddha. Cukup banyak bukti yang mendukung pandangan ini dalam
naskah-naskah kuno agama Buddha.
Masih Hindustan Mein ditulis dalam tahun 1899 dan buku itu menjadi
tanda berakhirnya era dimana selama berabad-abad umat Kristiani
mau pun Muslim meyakini kenaikan Yesus ke langit. Karena buku ini
merupakan buku pertama yang mengupas subyek itu secara rasional,
maka buku tersebut menghasilkan dampak yang luar biasa.
Agumentasi-argumentasi buku itu disiarkan luas dan dalam setengah
abad yang lalu ini telah mencapai keberhasilan besar dalam
menanggalkan sifat ketuhanan Yesus yang salah dan menyampaikan
beliau sebagaimana adanya, yaitu seorang nabi Tuhan.

Di kalangan umat Islam, pengaruhnya begitu besar sehingga Rektor
Universitas Al-Azhar di Mesir mengeluarkan Fatwa yang menyatakan
bahwa berdasarkan Al-Quran, nabi Isa a.s. telah wafat secara wajar.
Adapun pengaruhnya pada umat Kristiani juga amat terasa.
Sebagaimana dikemukakan dalam Kata Pengantar dan juga di bagian
akhir buku, Hazrat Ahmad a.s. semula bermaksud menulis bagian
keduanya berisi evaluasi komparatif ajaran Islam dan Kristen dengan
bukti-bukti kuat yang menjelaskan kebenaran Islam serta pengakuan
beliau sebagai Al-Masih Yang Dijanjikan (Masih Maud), disamping
beberapa bukti tambahan mengenai perjalanan Yesus di India.
Meskipun tidak ada buku lain yang diberi judul sama, tetapi
sebenarnya Hazrat Ahmad a.s. telah membahas semua permasalahan
ini dalam buku-buku lain, khususnya berkaitan dengan kebenaran
Islam, pengakuan beliau sendiri sebagai Masih Maud dan mengenai
hal wafatnya Yesus.
Terjemahan ke bahasa Inggris dilakukan oleh Qazi Abdul Hamid,
mantan editor mingguan The Sunrise, Lahore, dimana karangan ini
diterbitkan secara serial dalam tahun 1938 - 1939. Pertama kali
diterbitkan dalam bentuk buku pada tahun 1944 oleh Nashr-o-Ishaat,
Sadr Anjuman Ahmadiyya, Qadian.
Disamping mereka yang telah membantu dalam produksi buku ini,
terima kasih kami kepada Mr. Maulud Ahmad Khan, mantan Imam
Mesjid London yang telah bersusahpayah mengumpulkan kutipankutipan
dari buku-buku aslinya yang relevan dengan rujukan yang
dikemukakan Hazrat Ahmad a.s. dalam mendukung thesis beliau.
Kutipan-kutipan itu disertakan dalam buku ini dalam bentuk
Apendiks.
Vakil-ut-Tabshir, Tahrik Jadid,
Rabwah, Pakistan
Mei 1962

No comments: